Nasib Sekolah Pinggiran di Batang, PNS Hanya Kasek Dana BOS Habis Buat Bayar Honorer

- Selasa, 2 Maret 2021 | 20:31 WIB
Pembelajaran tatap muka di SMPN 4 Bawang.(dok)
Pembelajaran tatap muka di SMPN 4 Bawang.(dok)

BAWANG, AYOBATANG.COM - Sejak berdiri 2014, SMPN 4 Bawang hanya memiliki satu PNS, yakni yang menjabat sebagai kepala sekolah (kasek). 

Dengan perkembangan saat ini, SMPN 4 Bawang berharap adanya tambahan tenaga PNS untuk mengajar atau sebagai tenaga administrasi di sekolah. 

"Sejak sekolah berdiri tahun 2014, kami belum pernah diberi guru dan TU PNS. PNS hanya kepala sekolah sehingga anggaran BOS hanya untuk honor wiyata bakti itupun belum layak," kata Kepala SMPN 4 Bawang, Mulud Sugito, saat dihubungi melalui telponya, Selasa (2/3/2021). 

Ia pun mengatakan, SMPN 4 Bawang merupakan sekolah pinggiran dengan akses yang ditempuh terbilang cukup jauh dan cukup sulit. 

"Kami berharap ada perekrutan PNS di sini sehingga yang mengabdi di sini dapat honor yang lebih layak," jelas . 

Dijelaskan, dari 12 tenaga pendidik dan kependidikan di sekolahnya, ada beberapa yang belum mendapatkan honor yang layak. Bahkan per bulannya masih mendapatkan sekitar Rp200 Ribu, meskipun sebagian juga sudah mendapatkan bantuan dari BOSDA Personalia.

"Sampai sekarang semua guru dan TU masih wiyata bakti semua, hanya kepala sekolah yang PNS. Dampaknya anggaran BOS habis untuk pembayaran honor dan sekolah sulit memenuhi sarana prasarana terutama dalam pemenuhan SOP Tatap Muka," ungkap Mulud Sugito

Ia pun mengatakan, ilustrasi BOS tahun 2020 sebesar Rp 46 juta, untuk membayar honor selama setahun Rp 37,2 Juta.

" Sisa hanya Rp 8 jutaan untuk operasional selama setahun, padahal pihak sekolah harus membiayai operasional mobil untuk antar jemput siswa yang tiap bulan menghabiskan anggaran Rp1,2 Juta," jelasnya. 

Halaman:

Editor: Dwi Ariadi

Tags

Terkini

Edukasi Prokes, Koramil Subah Rutin Patroli Malam

Jumat, 26 Februari 2021 | 16:19 WIB
X