Bedah Rumah Warga, Bupati dan Pejabat Pemkab Batang Pantang Pulang Sebelum Selesai

- Selasa, 6 April 2021 | 18:13 WIB
Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Suyono memasang batako dalam bakti sosial bedah rumah milik Murodhin warga Dukuh Harjowinangun Desa Surjo Kecamatan Bawang, Selasa( 6/4/2021). (Muslihun /kontributor Batang)
Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Suyono memasang batako dalam bakti sosial bedah rumah milik Murodhin warga Dukuh Harjowinangun Desa Surjo Kecamatan Bawang, Selasa( 6/4/2021). (Muslihun /kontributor Batang)

BAWANG, AYOBATANG.COM - Murodhin duda (50) warga Dukuh Harjowinangun, Desa Surjo, Kecamatan Bawang, Selasa (6/4/2021) wajahnya tampak berseri dan memancarkan raut kebahagiaan.

Pasalnya, ia menempati rumah berukuran lebar 1,5 dan panjang 10 meter yang jauh dari kata layak itu dihuni oleh 5 jiwa mendapatkan bantuan bedah rumah dari iuran pejabat Pemkab Batang.

Uang patungan dari pejabat Pemkab Batang terkumpul sekitar Rp 50 juta tersebut untuk merenovasi dan  beserta isinya seperti kursi, kasur dan perabotanya lainya.

Tak tanggung – tanggung rumahnya pun dibangun oleh Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Suyono bersama puluhan pejabat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan ukuran lebar 4 meter dan panjang 10 meter.

Tidak hanya Bupati dan Wakil Bupati,  para kepala OPD juga ikut mengaduk pasir dan semen, melangsir batako hingga membawakan adukan pasir dan memasang batako. 

“Selama ini ada permasalahan rumah tidak layak huni (RTLH) yang tidak bisa dicover oleh APBD, Termasuk Murodhin yang belum beruntung tidak punya tanah sehingga tidak bisa di cover oleh bantuan Pemerintah,” kata Wihaji

Ia pun menjelaskan bantuan RTLH salah satunya persyaratanya harus memiliki tanah dan bersertifikat.

“Karena tidak bisa di cover dengan APBD kita laksanakan bakti sosial khusus pimpinan OPD yakni Kepala dinas, bagian, kantor dan camat sodakoh dan membaangunkan rumanya sehari sampai dengan selesai. Pantang pulang sebelum rumahnya selesai,” kata Wihaji.

Menurut Wihaji, syaratnya sudah dipenuhi,  tanahnya milik warga sudah sepakat dipinjamkan, dan bantuan dari iuran pejabat terkumpul Rp 50 juta untuk bangun rumah dan membeli perabotan rumah.

Halaman:

Editor: Dwi Ariadi

Tags

Terkini

Edukasi Prokes, Koramil Subah Rutin Patroli Malam

Jumat, 26 Februari 2021 | 16:19 WIB
X