Wisata Ilir Pari Kalimanggis Subah Batang Sajikan Aneka Kuliner, Panorama Khas Persawahan

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 15:37 WIB
Salah satu pengunjung saat berfoto di wisata kuliner Ilir Pari Desa Kalimanggis Subah.  (Muslihun/AyoBatang)
Salah satu pengunjung saat berfoto di wisata kuliner Ilir Pari Desa Kalimanggis Subah. (Muslihun/AyoBatang)

SUBAH, AYOBATANG.COM - Salah satu tempat wisata di Kabupaten Batang ini bisa menjadi pilihan tempat berlibur. Selain stretegis, juga menyuguhkan beragam pilihan menu kuliner yang siap memanjakan lidah.

Tempat wisata itu adalah Ilir Pari yang berada di Desa Kalimanggis, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang.

Ilir Pari dulunya merupakan tanah bengkok Desa Kalimanggis yang disulap menjadi tempat wisata kuliner yang kekinian. Konsep mewah alias mepet sawah menyuguhkan nilai estetik dalam memilih tempat makan sembari menikmati keindahan senja.

Baca Juga: Selesai Dibangun, Taman Syailendra Batang Siap Gelar Event Budaya

Berada di lahan seluas 2 hektare aneka kuliner tersedia seperti olahan ayam, seafood dan lainnya. Bahkan, setiap sebulan sekali di tempat wisata ini terdapat bazar kuliner tradisional.

Mulai dari gemblong ketan, masakan sedepan, botok telur asin, dan wedang ronde.

Pengelola Ilir Pari dari BUMDes Al-Barokah, Septiany Punti Dewi, menjelaskan jika wisata ini mulai dirintis sejak tiga bulan lalu. Sedangkan untuk soft launching telah dilaksanakan pada 25 Desember 2021 lalu.

Ilir Pari buka setiap hari mulai jam 09.00- 23.00 WIB. Untuk menu yang ada di sini dibanderol mulai dari Rp3 Ribu hingga Rp 25Ribu.

"Alhamdulillah respon masyarakat sangat positif. Terkait omset, Ilir Pari mampu mengantongi sekitar Rp200-500 ribu per hari. Masyarakat sekitar juga turut terbantu dengan hadirnya bazar kuliner tradisional. Rencananya akan kami rutinkan tiap bulan," ujarnya, Jumat 31 Desember 2021.

Kepala Desa Kalimanggis, Darmono menjelaskan, Ilir Pari ini merupakan ide dari pemuda. Dan dari pihak desa berusaha mengimplementasikan ide tersebut menggunakan anggaran Dana Desa.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X