Pengecekan Kelaikan Bus Angkutan Pemudik Lebaran di Batang, Sopir Wajib Divaksin

- Selasa, 12 April 2022 | 14:47 WIB
Petugas Dishub dan Satlantas Polres Batang melakukan pengecakan bus yang menjadi angkutan mudik lebaran di PT Pasi Jaya Abadi Tulis. (Muslihun/AyoBatang)
Petugas Dishub dan Satlantas Polres Batang melakukan pengecakan bus yang menjadi angkutan mudik lebaran di PT Pasi Jaya Abadi Tulis. (Muslihun/AyoBatang)

TULIS, AYOBATANG.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polres Batang mengecek kelengkapan kelaikan bus sebagai upaya mengurangi risiko kecelakaan, terutama menjelang mudik Lebaran 2022

"Kita jemput bola mengecek armada bus. Yang kita cek mulai dari kelengkapan surat- surat, izinya dan juga awak angkutannya," kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Bambang Hernawan, Selasa 12 April 2022. 

Petugas Dishub Batang itu juga mengecek perlengkapan bus seperti Alat Pemadam Api (Apar), pemecah kaca, wiper, klakson, lampu dan ban. 

Baca Juga: Sejarah Masjid Agung Darul Muttaqin Batang, Tempat Sidang KH Ahmad Rifai saat Melawan Belanda  

"Kita sudah tiga kali pengecekan di perusahaan bus pariwisata. Hasilnya semunya sudah siap, semuanya oke. Hanya saja yang perlu dilengkapi yakni alat kesehatan," kata Bambang. 

Ia juga menyebutkan, ada sekitar 12 Perusahaan bus di Kabuparen Batang, secara bertahap akan dilakukan pengecekan armada yang menjadi angkutan mudik lebaran. 

"Armada yang disiapkan secara keseluruhan untuk angkutan lebaran jumlahnya ada sekitar 100 bus," tukasnya. 

Kepala Urusan Pembinaan Operasi Satlantas Polres Batang, Ipda Danang Primayanto menghimbau para sopir atau awak angkutan bus tetap menjaga kesehatan dan keselamatan dan ikuti rambu - rambu lalu lintas  

"Saya minta bawa sopir cadangan. Apabila lelah, ngantuk harus istirahat atau gantian, keselamatan harus di nomor satukan baik diri sendiri dan penumpang," jelasnya. 

Baca Juga: Sertijab Polres Batang, Kapolsek Limpung AKP Yorisa Prabowo Jabat Kasat Reskrim

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X