Masjid Nurul Jamal Kalisalak, Masjid Tertua di Batang yang Tercatat Universitas Leiden Belanda

- Selasa, 19 April 2022 | 20:35 WIB
Warga Desa Kalisalak Kecamatan Limpung bergotong royong memasang musrika Masjid Nurul Jamal. (Muslihun/AyoBatang)
Warga Desa Kalisalak Kecamatan Limpung bergotong royong memasang musrika Masjid Nurul Jamal. (Muslihun/AyoBatang)

LIMPUNG, AYOBATANG.COM - Pemasangan mustika Masjid Nurul Jamal menjadi momen istimewa Desa Kalisalak Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang. 

Pemasangan mustika tempat ibadah yang sudah berusia ratusan tahun itu, dikerjakan secara gotong royong disaksikan langsung Bupati Batang Wihaji serta Wakil Bupati Suyono pada malam 16 bulan Ramadan 1443 Hijriyah. 

Masjid Nurul Jamal memang terkenal berhubungan erat dengan KH Ahmad Rifai, seorang pahlawan nasional asal Kabupaten Batang yang juga pendiri organisasi keagamaan Rifaiyah.

Baca Juga: Follow Akun Instagram Wihaji, Anak Putus Sekolah di Batang Dapat Beasiswa 

"Kami perkirakan umur masjid ini sudah lebih lama dari kaligrafi tokoh nasional KH Ahmad Rifai yang bertanggal 1272 Hijriyah atau 1856 Masehi," kata wakil ketua pembangunan masjid, Arif Makruf, Senin 18 April 2022 malam.

Awalnya, penduduk setempat mengira bahwa pendiri masjid itu KH Ahmad Rifai pada 1272 H. Tapi ada bukti lain yang  Keterangan itu didapatkannya dari dua sumber yaitu ulama kharismatik Maulana Habib Luthfi bin Yahya dan seorang mahasiswa asal Jepang bernama Yumi Sukahara. 

"Tahun 1226 H sudah ada Habib Hamid, jadi menurut kami KH Ahmad Rifai dulu datang merehab, umurnya lebih dari itu," ucapnya.

Ucapan itu dibuktikan dengan data dari disertasi mahasiswa Jepang yang mengupas tentang KH Ahmad Rifai. Dia membawa catatan dari Universitas Leiden Belanda yang menyebut ada 40 ulama di Desa Kalisalak.

Urutan pertama dalam daftar yang didapatkannya bukan KH Ahmad Rifai, melainkan Habib Hamid. Hal itu juga memperkuat bukti bahwa umur masjid sudah lebih tua.

Baca Juga: Fasilitasi Pekerja, Pemkab Batang Buka Posko Pengaduan Pembayaran THR Mulai 18 April - 1 Mei 2022

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X