Meriah, Tradisi Syawalan Lomba Langen di Kecepak Batang, 2 Tahun Terhenti karena Pandemi

- Jumat, 6 Mei 2022 | 18:24 WIB
Tradisi masyarakat Desa Kecepak Batang untuk merayakan syawalan dengan lomba Langen untuk anak dan dewasa. (Muslihun/AyoBatang)
Tradisi masyarakat Desa Kecepak Batang untuk merayakan syawalan dengan lomba Langen untuk anak dan dewasa. (Muslihun/AyoBatang)

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Tradisi Lomba Langen di momen Lebaran Idulfitri 1443 H kembali digelar setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Tradisi Lomba Langen yang digelar tiap tahunitu pun sangat diminati masyarakat. Tak hanya anak-anak, lomba ini pun turut diminati kalangan dewasa.

Hal ini seperti nampak pada Jumat 6 Mei 2022, di saluran irigasi Desa Kecepak Batang. Masyarakat sekitar, baik tua ataupun muda tumpah ruah menikmati Lomba Langen.

Baca Juga: Libur Lebaran 2022, 4.000 Wisatawan Padati Pantai Jodo Batang, Nikmati Rimbun Pohon Cemara

Meski berawal dari keisengan pemuda setempat dan pegiat BPK OI Kabupaten Batang, lomba ini sudah menjadi Tradisi Syawalan di Desa Kecepak, selama puluhan tahun.

Lomba ini cukup sederhana, peserta hanya diharuskan memenangkan lomba renang di aliran sungai dengan menggunakan ban bekas mobil. Untuk jarak yang ditempuh di setiap pertandingan kurang lebih sekitar 50 meter.

Salah satu peserta, Elmeera mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini. Apalagi sebelumnya ia sempat absen dari kegiatan ini karena pandemi.

"Senang, karena ketika pulang kampung ke sini bisa ikut lomba ini. Dan bertemu banyak teman-teman seusia saya dan kumpul saudara di sini," pungkas peserta asal Tegal ini.

Perwakilan Panitia, M Nasrul Fajar saat diwawancarai AyoBatang di sela kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan Lomba Langen berhenti dua tahun karen Pandemi. Tahun ini kembali digelar dengan jumlah peserta lebih banyak dari tahuj sebelumnya.

"Kami sempat berhenti dua tahun saat pandemi. Sekarang pesertanya semakin banyak karena ada doorprize. Dan peserta jauh juga ada yang dari Tegal. Peserta anak ada sekitar 130an, sedangkan untuk dewasa sekitar 70 orang," ujar

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X