Festival Balon Udara Kota Pekalongan Digelar Mendadak, Wali Kota Akui Belum Siap Memfasilitasi

- Minggu, 8 Mei 2022 | 16:05 WIB
Sejumlah peserta menerbangkan balon  udara yang ditambatkan diajang Festival Balloon Atraction 2022 di Lapangan Mataram Kota Pekalongan. (Muslihun/AyoBatang)
Sejumlah peserta menerbangkan balon udara yang ditambatkan diajang Festival Balloon Atraction 2022 di Lapangan Mataram Kota Pekalongan. (Muslihun/AyoBatang)

PEKALONGAN, AYOBATANG.COM - Ribuan warga memadati lapangan Mataram Kota Pekalongan untuk menyaksikan festival balon udara di Ajang Festival Balloon Atraction 2022, Minggu 8 Mei 2022. 

Festival yang digelar oleh Komunitas Sedulur Balon Pekalongan diikuti sekitar 32 peserta dari Pekalongan dan Wonosobo. 

Kegiatan yang bertajuk Kopi Darat Temu Kangen Nambatke Balon itu dimulai sejak pukul 06.00 WIB, menampilkan berbagai motif balon udara karya para peserta. 

Baca Juga: Bermain di Sungai Kupang, Bocah 7 Tahun Belum Ditemukan

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid usai membuka kegiatan tersebut mengakui pihaknya belum siap memfasilitasi Festival Balloon Atraction 2022.

"Kegiatan ini serba mendadak, dari Pemkot Pekalongan belum siap memfasilitasinya karena tahun ini masih pandemi Covid-19," kata Achmad Afzan Arslan Djunaid.

Namun, kata dia, atas inisiatif dari Komunitas Sedulur Balon Pekalongan yang menginginkan tradisi tetap dilestarikan, meskipun dengan serba keterbatasan tadisi budaya ini tetap digelar.

"Ini kan tradisi budaya. Maka komunitas kita berikan izin untuk mengekspresikan karya kreativitasnya yang bisa dinikmati dan bisa menjadi daya tarik destinasi wisata Kota Pekalongan," jelasnya. 

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengapresiasi masyarakat Kota Pekalongan yang sangat antusias mengikuti dan melihat festival Ballon Atractoin 2022. 

"Mudah - mudah di tahun 2023 Pemkot Pekalongan bersama Airnav bisa memfasilitasi secara maksimal seperti  event di tahun 2019. Di tahun itu motif dan bentuk balonnya unik ada yang bentuk naga, kareakter super hero dan lain sebagainya. Kalau tahun ini belum maksimal karena serba mendadak,"tukasnya. 

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X