Calon Jamaah Haji Batang Batasi Bertemu Orang, Ini Alasannya

- Kamis, 16 Juni 2022 | 12:33 WIB
Rakor pemberangkatan jemaah haji dengan Pemkab dan Kepolisian yang dipimpin Asisten I, Wilopo, Rabu 15 Juni 2022.  (dok)
Rakor pemberangkatan jemaah haji dengan Pemkab dan Kepolisian yang dipimpin Asisten I, Wilopo, Rabu 15 Juni 2022. (dok)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FK KBIH) Kabupaten Batang meminta calon jemaah haji untuk membatasi diri bertemu dengan orang lain.

Hal itu diperlukan agar calon jemaah haji tidak tertular Covid-19 yang bisa menyebabkan keberangkatannya tertunda dan harus menjalani karantina di asrama haji.

"Kami minta calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan sebelum diberangkatkan, karena nantinya harus menjalani tes PCR terlebih dahulu dan hasilnya akan diserahkan di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali," ujar FK KBIH Kabupaten Batang, KH Zainal Arifin usai Rakor pemberangkatan jemaah haji dengan Pemkab dan Kepolisian yang dipimpin Asisten I, Wilopo, Rabu 15 Juni 2022.

Tes PCR akan dilakukan petugas puskesmas wilayah masing-masing calon jamaah. Petugas akan mendatangi rumah calon jamaah haji.

"Pengolahan sampel PCR dilaksanakan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Tengah di Semarang dan hasilnya akan diserahkan beberapa saat menjelang masuknya jamaah ke asrama haji Donohudan," kata KH Zainal Arifin.

Dari hasil PCR, kata dia, akan menentukan dapat terbang atau tidaknya jamaah.

"Kasus dari daerah lain yang telah lebih dahulu berangkat, ada 12 jamaah yang terdeteksi positif hasil PCRnya, sehingga diharuskan karantina selama 5 hari dan kemudian penerbangannya digabungkan dengan Kloter lain atau Kloter Sapu Jaga. Karena itulah, kami harapkan jamaah bisa benar-benar jaga kesehatan," jelas KH Zainal Arifin.

Sementara itu, Sekretaris FK KBIH Farid Asror menambahkan, jumlah jamaah calon haji Kabupaten Batang tahun 2022 ada 388 orang. Jumlah itu diberangkatkan dalam 2 kloter yakni kloter 33 bersama Kabupaten Pekalongan dan kloter 34 bersama Kabupaten Boyolali.

"Kloter 33 masuk asrama haji Donohudan, Sabtu tanggal 25 Juni 2022 pukul 11.00 WIB dan take off pada hari Ahad pukul 11.55 WIB. Kloter 34 masuk asrama haji Donohudan pada hari Ahad tanggal 26 Juni 2022 pukul 08.00 WIB dan take off pada hari Senin pukul 04.40 WIB," beber Farid Asror.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Terkini

X