Fraksi PDI P DPRD Batang Pertanyakan Perubahan HGU PT Segayung Jadi HGB Kawasan Industri BIP

- Kamis, 23 Juni 2022 | 17:06 WIB
M Zaenudin, Anggota Fraksi PDIP Perjuangan DPRD Kabupaten Batang.  (Muslihun)
M Zaenudin, Anggota Fraksi PDIP Perjuangan DPRD Kabupaten Batang. (Muslihun)

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Batang melalui juru bicaranya M Zaenudin, mempertanyakan status lahan Hak Guna Usaha (HGU) milik PT Segayung seluas 248,5 hektar yang kini menjadi Kawasan Industri BIP (Batang Industrial Park). 

Pasalnya, dari pengamatan Fraksi PDI Perjuangan sejak tahun 1987 sampai berakhir pada 30 Desember 2022, izin status lahannya HGU PT Segayung untuk perkebunan Randu. 

"Dari pengamatan kami, izin HGU diterbitkan semenjak 1987 sampai berakhir 2011 peruntukanya masih utuh yakni untuk perkebunan. Tapi sekarang faktanya sudah berubah menjadi kawasan industri," kata M Zaenudin usai mengikuti rapar paripurna tentang pertangungjawaban pelaksanaan APBD 2021, Kamis 23 Juni 2022. 

Baca Juga: Kantor Bea Cukai Tegal dan KADIN Batang Siap Bantu Ekspansi Pasar Ekspor Produk UMKM

Ia juga mengatakan bahwa beradasarkan rumor yang berkembang di masyarakat. Saat ini, status lahan tersebut sudah berubah menjadi Hak Guna Bangunan (HGB). 

"Kalau HGB itu, setahu kami belum pernah ada rujukan HGU menjadi HGB. Dan hingga saat ini setahu saya HGU yang ada di Segayung peruntukannya masih untuk perkebunan bukan industri. Tapi faktanya sekarang berubah menjadi pabrik," ungkap M Zaenudin.

Baca Juga: Duta CBP Rupiah BI Tegal Beberkan Cara Perlakukan Uang Kertas dengan Baik

M Zaenudin juga mempertanyakan proses perubahan status lahan itu dilakukan dengan benar.

"Yang kami pertanyakan pemohonnya itu siapa? Kemudian luasan yang diminta itu berapa? Dan dasar permohonan itu apa?" tukasnya. 

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X