Pemkab Batang Optimistis Rampungkan Program Satu Data untuk Kepentingan Publik

- Kamis, 23 Juni 2022 | 17:55 WIB
Sosialisasi Perbup Satu Data Indonesia di Aula Kantor Bupati (Dok Istimewa )
Sosialisasi Perbup Satu Data Indonesia di Aula Kantor Bupati (Dok Istimewa )

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Pemerintah Kabupaten Batang optimistis dapat hadirkan data berkualitas yang bisa diakses publik sebagai bentuk keterbukaan Pemerintah Daerah.

Saat ini pun Diskominfo tengah menyiapkan data tersinegi yang berkualitas dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui program Satu Data

Hal itu disampaikan Kepala Diskominfo Kabupaten Batang, Triossy Juniarto usai kegiatan sosialisasi Perbup Satu Data Indonesia di Aula Kantor Bupati, Kamis 23 Juni 2022. 

Baca Juga: Fraksi PDI P DPRD Batang Pertanyakan Perubahan HGU PT Segayung Jadi HGB Kawasan Industri BIP

"Penggalian data sudah kami lakukan sejak 2018. Dan Perbup Satu Data Indonesia tingkat Kabupaten Batang diterbitkan di tahun ini. Oleh karena itu sosialisasikan," kata Triossy Juniarto. 

Data tersebut disediakan pemerintah untuk kepentingan umum yang banyak dimanfaatkan oleh instansi kepemerintahan. Namun, masyarakat umum bisa ikut melihat dan memanfaatkan data yang digali oleh dinas-dinas sebagai produsennya.

"Targetnya dalam open data, kami sudah mencapai 7 ribu data set. Jumlah itu akan berkurang karena tehnik yang berbeda. Dulu semua data masuk. Sekarang kami mencari data yang berkualitas. Tidak banyak-banyakan data masuk," ucapnya.

Baca Juga: Kantor Bea Cukai Tegal dan KADIN Batang Siap Bantu Ekspansi Pasar Ekspor Produk UMKM

Menurutnya, Satu Data merupakan hasil kolaborasi dan sinergitas antar instansi yang selama ini data yang dimiliki antardinas atau instansi berbeda-beda.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X