Diresmikan Menaker, Anjungan Siap Kerja KIT Batang Siap Gelar Rekrutmen Besar

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:59 WIB
Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dan Direktur Utama PT KITB Galih Saksono meletakan batu pertama pembangunan Anjungan Siap Kerja dengan peletakan batu pertama di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang,Jumat 6 Agustus 2022 Sore.  (Muslihun kontributor Batang)
Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dan Direktur Utama PT KITB Galih Saksono meletakan batu pertama pembangunan Anjungan Siap Kerja dengan peletakan batu pertama di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang,Jumat 6 Agustus 2022 Sore. (Muslihun kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah secara resmi meluncurkan Anjungan Siap Kerja di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jumat 6 Agustus 2022. 

Bersamaan dengan itu, Anjungan Siap Kerja KIT Batang juga di resmikan di lingkungan kantor PTPN IX, Siluwok, Kecamatan Gringsing. 

Dalam peluncuran Anjungan Siap Kerja KIT Batang, dihadiri pula Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dan Direktur Utama PT KITB Galih Saksono. 

"Anjungan siap kerja ini adalah one stop service. Semua layanan ketenagakerjaan akan ada di KITB ini. Kami akan mendekatkan pelayanan dengan membangun anjungan siap kerja di KITB ini," ujar Menaker Ida Fauziah saat dengan prosesi peletakan batu pertama.

Hadirnya anjungan itu juga didukung oleh Kantor Staf Presiden Republik Indonesia. Anjungan Siap Kerja dibangun sebagai penanda mulai bergeliatnya KIT Batang. Tahun 2023, rekrutmen besar tenaga kerja akan berlangsung di sana. 

"KIT Batangmerupakan proyek strategis nasional yang diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena menjadi destinasi investasi yang diminati oleh masyarakat global," katanya. 

Hadirnya KIT Batang juga diproyeksikan dapat menyerap 282 ribu tenaga kerja. Sementara untuk tahun 2023 nanti, kebutuhan tenaga kerja mencapai 28 ribu orang. Lapangan kerja yang luas itu harus mampu mengatasi pengangguran, terutama di Kabupaten Batang, dan Provinsi Jawa Tengah.  

"Kita berharap masyarakat di sekitar KIT Batang  tidak hanya menjadi penonton. Kita akan siapkan mereka menjadi tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di kawasan ini," ujar Menaker.

Pihaknya telah membuat beberapa kebijakan untuk mendukung KIT Batang. Yaitu, menyusun proyeksi makro rencana tenaga kerja dan mikro di KITB, mengembangkan sistem pasar kerja, meningkatkan kualitas dan kapasitas pelatihan kompetensi di Kabupaten Batang dan sekitarnya. 

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Terkini

X