Sukseskan SDI, Diskominfo Batang Siapkan Dashboard Analytic yang Bisa Diakses Masyarakat

- Jumat, 16 September 2022 | 21:54 WIB
Kepala Diskominfo Batang saat memimpin Rapat Koordinasi Komitmen Data dan Informasi di Aula Bappelitbang Batang pada 15 September 2022. (Foto: dok)
Kepala Diskominfo Batang saat memimpin Rapat Koordinasi Komitmen Data dan Informasi di Aula Bappelitbang Batang pada 15 September 2022. (Foto: dok)

BATANG, AYOSEMARANG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus berupaya menyukseskan program Satu Data Indonesia.

“Jika dulu mau minta data mungkin susah, namun di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, mau tidak mau Pemerintah Daerah dituntut untuk siap data dan informasi karena masyarakat sekarang sudah cerdas,” kata Kepala Diskominfo Kabupaten Batang, Triossy Juniarto pada Jumat, 16 September 2022.

Hal itu juga, kata dia, merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang bertujuan untuk mewujudkan good governance.

Baca Juga: Ide Jualan Tahu Crispy Bisa Untung Sampai 200 Ribu Modal Cuma 20 Ribu, Buktikan Sendiri!

“Untuk menyukseskan program SDI, kami sudah menggelar Rapat Koordinasi Komitmen Data dan Informasi di Aula Bappelitbang Batang pada 15 September 2022,” katanya.

Ossy, panggilan akrabnya, juga mengatakan bahwa dinas yang dipimpinnya, setiap hari hampir ada permintaan data dan informasi.

Karena peran Diskominfo sebagai pengelola data serta ada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang mengendalikan dokumen informasi tersebut.

Baca Juga: VIRAL Video Nadhifa Salsabila Bongkar Ada Member JKT48 yang Bau Badan, Warganet: Inisialnya N

“Hampir tiap hari orang meminta data dan informasi ke kami. Oleh karena itu, kami meminta kerja samanya OPD. Karena awal mula data itu diproduksi OPD dan juga bisa dikatan sebagai produsen data,” jelas Ossy.

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X