Bencana Rob Tak Lagi Bersahabat, jika Ada Kesadaran Bersama Menjaga Lingkungan Pekalongan

- Rabu, 21 September 2022 | 19:20 WIB
Aksi penanan mangrove oleh KEMITRAAN Partnership for Governance Reform bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pekalongan.  (Dok)
Aksi penanan mangrove oleh KEMITRAAN Partnership for Governance Reform bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pekalongan. (Dok)

PEKALONGAN, AYOBATANG.COM -- Wilayah Kota Pekalongan dihadapkan berbagai persoalan terkait topografisnya, yaitu banjir bah (banjir yang terjadi saat musim hujan), banjir rob (naiknya permukaan air laut), dan penurunan struktur tanah.

Bancana itu, sudaah menjadi langganan dan masyarakat pun dipaksa untuk bisa bersahabat dengan musibah itu.

Tidak cukup di situ, peristiwa cuaca ekstrem dan kekeringan yang berkepanjangan membuat penduduk Pekalongan menderita.

Dampak yang paling dirasakan oleh masyarakat adalah rusaknya infrastruktur jalan, tergenangnya lahan produktif di wilayah pesisir, hingga menurunnya pendapatan masyarakat.

Baca Juga: HOAKS atau Fakta? Benarkah Najwa Shihab Sidak Sel Ferdy Sambo?

Sebagai upayanya, KEMITRAAN – Partnership for Governance Reform bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pekalongan, melalui dukungan Adaptation Fund (AF) melakukan aksi sinergitas untuk keberlanjutan lingkungan dengan slogan Mangrove for Futurepada 21 September 2022.

Aksi tersebut diwujudkan dengan melakukan penanaman 16.100 bibit mangrove jenis Avicennia Marina dan Casuarina Equisetifolia di Kelurahan Kandang Panjang dan Bandengan.

“Penanaman mangrove sudah dimulai sejak Juli 2022 dengan menanam 2500 bibit mangrove di Kelurahan Degayu. Rehabilitasi tanaman ini sangat penting dilakukan mengingat ekosistem mangrove tak hanya berfungsi untuk mencegah abrasi, tapi juga menjadi habitat alami ikan dan kerang yang selama ini dijadikan mata pencaharian masyarakat Kota Pekalongan,” kata Andi Kiki, Team Leader Program AF Pekalongan.

Program AF Pekalongan sudah dimulai sejak 2021 dengan Pendekatan 3M, Melindungi, Mempertahankan, dan Melestarikan.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X