Sebanyak 643 Ribu Pelanggar Lalu Lintas di Jateng Tertangkap ETLE

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 16:03 WIB
Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo menyerahkan bantuan Etle mobile kepada Kasatlantas Polres Batang, AKP Dhayita Daneswari, Selasa 4 Oktober 2022.   (Muslihun/Kontributor Batang)
Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo menyerahkan bantuan Etle mobile kepada Kasatlantas Polres Batang, AKP Dhayita Daneswari, Selasa 4 Oktober 2022.   (Muslihun/Kontributor Batang)


BATANG, AYOBATANG.COM-Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo menyebutkan sepanjang Januari sampai Agustus telah malakukan penindakan electronic traffic law enforcement ( ETLE ) sebanyak 643 ribu.


Hal itu disampaikan usai menyerahkan bantuan Etle mobile kepada Kasatlantas Polres Batang, AKP Dhayita Daneswari, Selasa 4 Oktober 2022.
 
Selain itu, Dirlantas Polda Jateng juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Satlantas Polres Batang. Ia menginspeksi berbagai fasilitas terkait (ETLE).
 
"Selain asistensi di sini, kita juga menyerahkan bantuan satu unit Etle mobile dari kapolda. Tentunya bisa membackup kegiatan operasi zebra Polres Batang," katanya.

Baca Juga: Kapolda: Galian C Ilegal Nekat Beroperasi di Batang, Kami Tindak Tegas
 
Dirlantas mengatakan harapannya dengan penerapan Etle, masyarakat makin tertib. Bahkan, jika memungkinkan, tidak perlu polisi untuk tertibkan berlalu lintas.
 
"Untuk di Jateng sendiri, seluruh Polres sudah bisa melakukan  penindakan Etle baik statis maupun mobile," ujarnya.
 
Kombes Pol Agus Suryo juga mengatakan, penindakan Etle masih berkutat non-tol. Sedangkan dalam tol, ada kamera pemantau kecepatan. Tapi, pihaknya belum tahu apakah bisa disandingkan dengan ETLE atau tidak.  
 
Ia mengatakan juga menganalisa secara umum kondisi lalu lintas di Kabupaten Batang. Menurutnya, untuk lalu lintas di Batang cukup bagus namun wilayah jalan tol cukup rawan.
 
Agus Suryo meminta Kasatlantas Polres Batang AKP Dhayita Daneswari untuk berkolaborasi serta menjalin komunikasi intens dengan pihak pengelola jalan tol. Kemudian juga meningkatkan patroli di jalan tol.

Baca Juga: 27 Kecamatan di Jateng Tak Miliki Polsek, Kapolda Resmikan 14 Polsubsektor di Batang
 
Kasatlantas Polres Batang, AKP Dhayita Daneswari menyebut sudah memakai empat Etle mobile. Lalu ada tiga Etle statis di perempatan Jalan Jenderal Sudirman, Perempatan Kalisari, dan Pertigaan Sambong.
 
“Sejak januari hingga September kita sudah menindak 1.000 pelanggaran melalui Etle. Mayoritas  pelanggaran tidak pakai helm, dan melanggar traffic light," katanya.

AKP Dhayita Daneswari juga menyebutkan, Satlantas Polres Batang menargerkan penindakan Etle 100 per hari. Hal itu dilakukanya agar masyarakat tertib berlalulintas. ***
 

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X