Puluhan Guru di Batang Pensiun Tiap Bulan, Saat Ini Kekurangan 299 Guru SD-SMP

- Senin, 14 November 2022 | 15:03 WIB
Kepala Bidang Ketenagaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang, Arief Rohman. Foto: dok
Kepala Bidang Ketenagaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang, Arief Rohman. Foto: dok

BATANG, AYOSEMARANG.COM - Dunia pendidikan Kabupaten Batang mengalami krisis tenaga pelajar atau guru kelasa.

Krisis guru tersebut efek dari laju pensiun PNS Guru yang cukup banyak. Tiap bulan guru ada sekitar 25-30 guru PNS masuk masa pensiun.

Hal itu disampaaikan Kepala Bidang Ketenagaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang, Arief Rohman saat ditemui di kantornya, Senin 14 November 2022.

"Sejumlah kekosongan meliputi guru kelas untuk sekolah dasar (SD) dan guru mata pelajaran (mapel) Sekolah Menengah Pertama (SMP)," jelas Arief .

Ia menyebutkan saat ini ada sekitar 239 guru kelas SD yang dalam kondisi kosong. Kemudian, untuk tingkat SMP ada 60 guru mapel Kosong.

Upaya mengatasi hal itu, Disdik Batang memaksimalkan jam mengajar guru dengan beberapa guru merangkap kelas. Bahkan kalau masih kekurangan guru, kepala sekolah ikut turun untuk mengajar.

“Saat ini kita sedang mencari formula untuk memenuhi kebutuhan guru baru. Kemungkinan formula itu baru terlaksana dalam dua tahun ke depan,” kata Arief.

Ketua PGRI Batang itu juga mengatakan, pengisian kekurangan guru tidak beriringan dengan pengangkatan guru honorer menjadi PPPK. Sebab, saat ini PPPK untuk guru honorer saat ini yang sudah mengajar.

"Jadi meski ada pengangkatan PPPK itu jumlah guru tetap, tidak tambah," jelasnya.

Arief juga menyebutkan formasi 815 PPPK guru pada 2022 diisi peserta tahun lalu yang sudah memenuhi passing grade. Pendaftaran PPPK guru sudah dimulai pada 31 Oktober 2022 sampai 13 November 2022.

"Sebenarnya yang memenuhi passing grade 998 orang, tapi untuk tahun ini yang tertampung hanya 815. Sisanya, akan diusulkan tahun depan," jelasnya.

Editor: Akbar Hari Mukti

Tags

Terkini

X