47 Ribu KK di Batang Diusulkan Terima STB TV Digital Gratis, Siapa yang Dapat?

- Selasa, 15 November 2022 | 18:27 WIB
47 ribu KK di batang diusulkan dapat STB TV digital gratis (freepik )
47 ribu KK di batang diusulkan dapat STB TV digital gratis (freepik )

BATANG, AYOBATANG.COM - Asisten Administrasi dan Umum Setda Batang Sugeng Sudiharto menyebutkan, Pemkab Batang telah mengajukan sebanyak 47 ribu keluarga di Kabupaten Batang yang bakal menerima bantuan Set Top Box (STB) TV digital.

Pengajuan sudah setangah tahun yang lalu hingga sekarang masih dalam tahap verifikasi di Kemenkominfo RI.
 
“Proses kita menyesuaikan langkah sesuai instruksi yang diberikan Kemenkominfo RI dari sosialisasi sampai verifikasi. Kalau pendistribusian STB sendiri, nantinya akan dilakukan kepada pihak ketiga yang ditunjuk langsung Kemenkominfo RI,” ujar Asisten Administrasi dan Umum Setda Batang Sugeng Sudiharto, Selasa 15 November 2022.

Baca Juga: Ikut Berupaya Tangani Stunting dan Kesehatan Masyarakat, PT BPI Dapat Penghargaan dari Pemkab Batang
 
Ia menjelaskan bahwa data tersebut bersumber dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Jumlah awal sebesar 50.004 KK. Setelah melalui verifikasi, tercatat ada 47.157 KK yang dimungkinkan menerima bantuan STB.
 
Pihaknya juga menegaskan bahwa Pemkab Batang tidak memberikan STB langsung ke masyarakat.

“Pasalnya, sebagian STB akan didistribusikan secara door to door oleh Kementerian secara langsung,” tegasnya.
 
Sementara keputusan akhir siapa saja yang menerima bantuan STB ada di tangan kementerian. Sembari menyerahkan data penerima bantuan, Pemkab Batang juga masih merancang keputusan Bupati Batang tentang penerimaan STB agar bantuan STB diterima masyarakat secara optimal.

Baca Juga: Puluhan Guru di Batang Pensiun Tiap Bulan, Saat Ini Kekurangan 299 Guru SD-SMP
 
Langkah gercep Pemkab Batang ternyata mendapat perhatian Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus. Mereka melakukan kunjungan pada Jumat (11/11/2022) lalu. Kunjungan tersebut dalam rangka untuk mengetahui optimalisasi Pemkab Batang dalam melakukan pendataan bantuan STB.
 
“Langkah-langkah yang dilakukan Kabupaten Batang sangat detail dari sosialisasi, rekap data verifikasi, validasi data P3KE dari desa, sampai menyusun rancangan keputusan Bupati Batang tentang penerimaan STB,” ucap Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kudus Rinduwan beberapa waktu lalu.
 
Pihaknya pun mengakui, meskipun Kabupaten Kudus akan lebih dulu dalam pendistribusian bantuan STB. Pihaknya tetap belajar terkait bagaimana melakukan verifikasi data yang benar. Agar proses penyaluran STB di Kabupaten Kudus berjalan lancar.

Baca Juga: KIT Batang Didominasi Investor Asing, Ini Kata Kepala Kantor Imigrasi Pemalang
 
Menurutnya, proses verifikasi menjadi penting untuk memeriksa beberapa hal. Seperti kecocokan alamat dan status calon penerima bantuan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
 
“Kabupaten Batang menjadi salah satu kota yang cukup cepat melakukan pendataan, dengan itu kita ingin melihat secara jelas dan pasti bagaimana proses pendataannya,” tandasnya.

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X