Jadi Sekolah Ramah Anak, SMPN 3 Batang Tolak 3 Dosa Besar Pendidikan

- Selasa, 15 November 2022 | 18:38 WIB
Pelajar SMPN 3 Batang menandatangani Deklarasi Menolak Tiga Dosa Pendidikan.  (Dok)
Pelajar SMPN 3 Batang menandatangani Deklarasi Menolak Tiga Dosa Pendidikan. (Dok)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Memiliki komitmen sekolah lebih aman dan nyaman untuk siswa, Pelajar SMPN 3 Batang menggelar deklarasi tolak Tiga Dosa Besar Pendidikan.

Deklarasi ini memuat komitmen penolakan sekolah terhadap perundungan, intoleransi, serta kekerasan seksual di lingkungan sekolah. 

"Deklarasi ini sebagai wujud keprihatinan kami terkait maraknya kasus perundungan, intoleransi dan kekerasan seksual di luar SMPN 3 Batang. Kami tidak ingin hal seperti itu terjadi di sekolah kami. Kami pun berharap ke depannya bisa menjadi langkah kami menuju sekolah ramah anak," kata Kepala SMPN 3 Batang, Selasa 15 November 2022. 

Baca Juga: 47 Ribu KK di Batang Diusulkan Terima STB TV Digital Gratis, Siapa yang Dapat?

Budiyatmaka menyebut, pihaknya sudah menyiapkan gugus tugas khusus. Mereka bertugas untuk menerima konsultasi atau pengaduan dari siswa. Baik secara offline maupun online lewat aplikasi. 

"Kami juga akan rutin melakukan pengecekan ke siswa. Dan tentunya jika ada pengaduan pun akan kami tindak lanjuti," imbuhnya. 

Pihaknya pun senang langkah ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari siswa, guru, komite, wali murid, Disdikbud Batang dan pihak terkait. Ia pun berharap sekolahnya bisa segera menjadi Sekolah Ramah Anak (SRA). 

Sekretaris Disdikbud Batang, Budiyono mengapresiasi langkah ini. Menurutnya SMPN 3 Batang turut menjadi pionir rintisan SRA di Batang. Ia turut berharap langkah ini dapat memacu sekolah lainnya untuk turut menerapkan program ini. 

Baca Juga: Ikut Berupaya Tangani Stunting dan Kesehatan Masyarakat, PT BPI Dapat Penghargaan dari Pemkab Batang

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X