Atasi Masalah Sampah, DLH Batang Upayakan Pengelolaan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

- Senin, 21 November 2022 | 17:50 WIB
Seminar Tuntas Pengelolaan Sampah Berbasis Regulasi Dalam Capaian SDGs Desa di Hotel Sendang Sari, Kabupaten Batang, Senin 21 November 2022. (Foto: dok.)
Seminar Tuntas Pengelolaan Sampah Berbasis Regulasi Dalam Capaian SDGs Desa di Hotel Sendang Sari, Kabupaten Batang, Senin 21 November 2022. (Foto: dok.)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Sampah menjadi maslah klasik di setiap daerah. Dari mulai buang sampah sembarangan, hingga penggunaan sampah plastik yang pemakaiannya sudah di batas darurat.
 
Sebagai upaya pengelolaan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batang menggelar seminar dengan tema "Tuntas Pengelolaan Sampah Berbasis Regulasi dalam Capaian SDGs Desa" yang diselenggarakan di Hotel Sendang Sari, Kabupaten Batang, Senin 21 November 2022.
 
“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup yang berbasis masyarakat dengan memberdayakan segala potensi yang ada di tengah masyarakat, dalam mendukung pembangunan berkelanjutan,” kata Kepala DLH Batang, Akhmad Handy Hakim.

Baca Juga: Kedatangan Wakil Ketua KIP Jateng, Pj Bupati Batang Wadul Banyak Lembaga Eksternal Minta SPJ Proyek
 
Dijelaskanya, Kabupaten Batang sudah mulai memasuki era industrialisasi. Adanya Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang akan membawa dampak positif bagi warga Kabupaten Batang.

“Namun, jika tidak bisa mengikuti perkembangannya, di mana nanti ke depan juga akan menjadi masalah meningkatnya sampah, baik dari limbah domestik pekerja atau tambahnya penduduk di lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap, melalui fasilitasi kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam menjaga dan mengelola sampah.

Sementara itu, Komisi B DPRD Batang, Ahmad Khudhori menyampaikan, melihat semakin banyaknya kontribusi sampah di lingkungan masyarakat, setidaknya dari lingkungan keluarga bisa meminimalisir kontribusi sampah sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Baca Juga: HEBAT, Program Smart City Pemkab Batang Raih Dua Penghargaan Sekaligus

“Mengatasi permasalahan sampah tidak mudah. Butuh proses, kesabaran, dan jangan sampai putus asa. Hal yang paling penting, butuh kerja sama dengan berbagai pihak. Jangan malu jadi pengelola sampah, karena ada kemuliaan di sini,” tegasnya.

Untuk menuntaskan masalah tersebut, lanjut dia, masyarakat diimbau tidak melakukannya secara mandiri, tetapi ikut pula menjadi kader dan menyosialisasikan kepada orang-orang di sekitar.***

Editor: Rahma Rizky Wardani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X