Banyak Kades Batang Selewengkan Uang, Pj Bupati Batang: Ada Unsur Kesengajaan

- Rabu, 23 November 2022 | 11:54 WIB
Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki melantik Kades antar waktu Desa Sojomerto dan Kebondalem.  (Muslihun/Kontributor Batang)
Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki melantik Kades antar waktu Desa Sojomerto dan Kebondalem. (Muslihun/Kontributor Batang)

BATANG, AYOBATANG.COM -- Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyatakan, penyimpangan dan penyelewengan pengelolaan keuangan oleh kepala desa (Kades) bukan hanya kesengajaan tapi karena ketidak tahuannya terhadap regulasi dan aturan.

Penyimpangan dan penyelewengan pengelolaan keuangan membuat banyak sekali Kades di Batang yang tersangkut masalah hukum.

“Ketidak tahuannya itu tidak mau berkordinasi dengan OPD pengampu, sehingga bisa berdampak hukum bagi kepala desa dan perangkatnya,” tegas Lani Saat memberikan amanah saat melantik dua kepala desa antar waktu, di Pendopo Bupati setempat, Rabu 23 November 2022.
 
Dua Kepala Desa antar waktu yang dilantik Pj Bupati Batang yakni Subahan menjabat Kepala Desa Sojomerto, ia  akan menjabat hingga 27 Desember 2025.
 
Lalu, KAdes Kebondalem dijabat Ali Makruf. Kades antar waktu itu menjabat hingga 28 November 2025.
 
Lani Dwi Rejeki juga meminta kepala desa sebagai ujung tombak harus bisa merangkul segala golongan. Lalu, kades juga harus paham tugas fungsinya.
 
“Ajaklah semua komponen masyarakat untuk bekerjasama membangun desa. Meskipun menjadi orang nomor satu di desa tapi harus ngemong dan hormati warganya,” kata Lani.
 
Kepala Dinpermades Kabupaten Batang, Rusmanto menjelaskan pelantikan dua Kepala Desa antar waktu karena yang sebelumnya meninggal dunia karena sakit.

"keduanya meninggal karena sakit. Dan sama masa jabatanya kurang dua bulan, jelasnya.
 
Ia menjelaskan proses pemilihan PAW Desa Sojomerto melibatkan perwakilan berbagai golongan di lingkungan desa. Adapun Desa Kebondalem terpilih secara aklamasi melalui musdes.
 

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Terkini

X