Normalisasi Sungai Sambong, Dilengkapi Venue Lomba Dayung Perahu Naga

- Rabu, 23 November 2022 | 12:46 WIB
Alat berat sedang melakukan aktivitas pengerjaan di area lomba perahu naga Sungai Sambong. (Muslihun/ Kontributor Batang)
Alat berat sedang melakukan aktivitas pengerjaan di area lomba perahu naga Sungai Sambong. (Muslihun/ Kontributor Batang)


 
BATANG, AYOBATANG.COM -- Kabupaten Batang segera memiliki venue lomba dayung perahu naga tradisional, arena itu dibangun di Kali Sambong. Tepatnya di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang.

Arena yang habiskan anggaran sebesar Rp36,6 miliar itu, dananya digelontorkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
 
Selain sebagai sarana mencetak atlet dayung di Kabupaten Batang, arena itu juga digadang-gadang bisa menjadi salah satu daya tarik wisata.

Baca Juga: Usulan Kenaikan UMK di Batang Masih Alot, Kepala Disnaker Beberkan Alasannya
 
“Harapannya seperti itu. Itu dibangun oleh pemerintah pusat. Kita sebagai fasilitator saja. Harapannya nanti sebelum hari raya sudah selesai," kata kata Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, saat ditemui di kantornya, Rabu 23 November 2022.
 
Arena itu, kata dia, juga ada kegiatan penunjang lain yang bakal digiatkan di area Lomba sebagai daya tarik wisatawan.

Arena lomba perahu naga ini bakal dilengkapi tribun di sisi kiri dan kanan sungai. Kapasitasnya bisa menampung sekitar 500 orang.

Ada juga area untuk UMKM, arena balap perahu remote control, dan jalan menuju arena. Jalan tersebut panjangnya 170 meter dengan lebar 6 meter serta menjadi penghubung jalan menuju Pantai Sigandu dan area lomba.

Baca Juga: Banyak Kades Batang Selewengkan Uang, Pj Bupati Batang: Ada Unsur Kesengajaan

Sementara itu, Kabid infrastruktur dan pengembangan wilayah Bapelitbang Kabupaten Batang, Sudarno menyebutkan, pembangunan arena lomba sudah dimulai sejak Oktober 2022.
 
“Pengerjaan proyek itu dilakukan selama 210 hari atau 7 bulan. Targetnya, sebelum Hari Raya Idul Fitri sudah selesai dan bisa digunakan untuk lomba perahu naga H+1 lebaran," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa proyek tersebut dikerjakan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

“Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melihat secara langsung pemberitaan lomba perahu naga yang diselenggarakan H+1 lebaran tahun ini di Sungai Sambong. Lomba pertama setelah pandemi itu dibuka langsung oleh Bupati Batang Wihaji sebelum purnatugas. Menteri Basuki pun tertarik dan akhirnya BBWS Pemali Juana mendapatkan perintah untuk membangun arena lomba perahu naga tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkab Batang Perbaiki 4 Ruas Jalan Protokol, Nilai Anggaran Rp3,2 Miliar
 
Dijelaskanya, gelontoran anggaran Rp36,6 miliar diberikan sekaligus untuk melakukan normalisasi Sungai Sambong.
 
"Ini juga digunakan untuk pengendalian banjir. Pembangunan dilakukan sepanjang 500 meter sekaligus normalisasi sungai. Ini baru tahap pertama, tahap ke dua nanti dari Pantura sampai muara sungai untuk normalisasi," ucapnya.
 
Proyek tahap ke dua diprediksi butuh anggaran hingga Rp800 miliar.***

Halaman:

Editor: Rahma Rizky Wardani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X