Penyaluran BLT di Batang, Bupati Wihaji Ungkap Sejumlah Catatan

- Selasa, 27 Juli 2021 | 14:42 WIB
Bupati Batang Wihaji didampingi Kapolres AKBP Edwin Louis Sengka dan Dandim Letkol Arh. Yan Eka Putra usai inspeksi mendadak penyaluran BLT di Balai Desa Donorejo, Kecamatan Limpung, Selasa 27 Juli 2021.
Bupati Batang Wihaji didampingi Kapolres AKBP Edwin Louis Sengka dan Dandim Letkol Arh. Yan Eka Putra usai inspeksi mendadak penyaluran BLT di Balai Desa Donorejo, Kecamatan Limpung, Selasa 27 Juli 2021.

BATANG KOTA, AYOBATANG.COM - Bupati Batang Wihaji mengungkapkan, proses penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) ada beberapa catatan yang harus segara diperbaiki oleh para petugas dari Kantor Pos maupun masyarakat penerima manfaat. 

"Hari ini saya bersama Kapolres dan Dandim melakukan pengecekan secara langsung proses penyaluran BLT. Dan ternyata masih ada beberapa hal yang menjadi catatan,"ujar Wihaji didampingi Kapolres AKBP Edwin Louis Sengka dan Dandim Letkol Arh. Yan Eka Putra usai inspeksi mendadak penyaluran BLT di Balai Desa Donorejo, Kecamatan Limpung, Selasa 27 Juli 2021. 

Menurut Wihaji, dari hasil peninjauan diketahui antara petugas pembagian dan warga duduk saling berhadapan dengan jarak sekitar satu meter. 

"Hal itu dikhawatirkan rentan terjadinya penularan, sehingga ke depan ataupun di lokasi lain diharapkan adanya penyekat," jelas Wihaji. 
 
Politisi Golkar itu juga menyarankan petugas dari Kantor Pos untuk memberi penyekat atau pembatas dari mika ataupun plastik. 

"Penyekat sebagai antisipasi adanya droplet atau percikan yang kemungkinan muncul dari warga ataupun petugas. Kalau penyekat dilakukan bisa menjadi contoh bagi pembagian di lokasi lain," ungkapnya. 

Selain itu, lanjut Bupati, pada proses pembagian juga ada tahapan tanda tangan dengan menggunakan bolpoin secara bergantian. 

"Untuk bolpoin yang dipergunakan secara bergantian, bisa diantisipasi dengan wajib mencuci tangan menggunakan disinfektan terlebih dahulu sebelum memegangnya. Ini antisipasi kalau virus nempel di bolpoin," beber Wihaji.

Selain kedua hal tersebut, untuk beberapa aspek lainnya dianggap sudah memenuhi standar protokol kesehatan. Di antaranya warga yang akan mencairkan BLT wajib mengenakan masker. Tempat duduk mereka juga sudah diberi jarak, minimal satu meter.

"Dengan beberapa evaluasi yang dilakukan, diharapkan tidak terjadi penularan Covid-19 para kegiatan pembagian BLT di tiap desanya. Dan semoga bantuan yang diberikan bisa dipergunakan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan sehati-hari di masa pandemi ini," tandas Bupati Wihaji

Halaman:

Editor: Dwi Ariadi

Tags

Terkini

Siswa SD di Batang Mulai Dikenalkan ANBK, Apa Itu?

Senin, 27 September 2021 | 20:23 WIB

Ubud Brayo, Wisata Kuliner di Batang Bernuansa Bali

Sabtu, 25 September 2021 | 15:01 WIB

Kantor Pertanahan Batang Siap Selesai 5 Oktober 2021

Jumat, 24 September 2021 | 21:27 WIB

World Cleanup Day Momen Aktifkan Bank Sampah di Batang

Jumat, 24 September 2021 | 21:11 WIB

Pemkab Batang akan Tertibkan Karaoke dan Panti Pijat

Kamis, 23 September 2021 | 20:05 WIB

Berikut Contoh Soal Tes TKP SKD CPNS 2021

Kamis, 23 September 2021 | 16:30 WIB

Pemkab Batang Segera Tertibkan Karaoke dan Panti Pijat

Kamis, 23 September 2021 | 14:47 WIB

Capaian Vaksinasi di Kabupaten Batang 23.67%

Kamis, 23 September 2021 | 13:36 WIB
X