Kehadiran Bandara Soedirman Diharapkan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Jateng Selatan

- Jumat, 11 Juni 2021 | 18:56 WIB
Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau progres pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga, Jumat 11 Juni 2021, pagi. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)
Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau progres pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga, Jumat 11 Juni 2021, pagi. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

PURBALINGGA, AYOBATANG.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan pembangunan Bandara Udara Jenderal Besar Soedirman (Bandara JB Soedirman) yang berada di Kabupaten Purbalingga, Jumat 11 Juni 2021.

Kehadiran bandara tersebut, Jokowi berharap bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Jateng bagian selatan.

“Kita harapkan bandara ini akan memberikan kontribusi menumbuhkan ekonomi tidak hanya di Kabupaten Purbalingga, tetapi juga di Banyumas, di Cilacap, kemudian Banjarnegara, kemudian Wonosobo, dan juga daerah sekitarnya, termasuk Kebumen,” ujarnya usai meninjau perkembangan pembangunan bandara tersebut, seperti dilansir dari laman resmi setkab.go.id,  Jumat 11 Juni 2021.

Meskipun proses pembangunannya masih terus berlanjut, namun Bandara JB Soedirman telah beroperasi sejak awal bulan Juni ini. Bandara ini beroperasi sejak 1 Juni 2021 dan telah melakukan penerbangan perdana pada tanggal 3 Juni 2021.

“Meskipun terminalnya belum selesai, tetapi minggu yang lalu telah mulai dilakukan penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga, kemudian dari Purbalingga ke Surabaya oleh Citilink, dan kita melihat juga penumpangnya lebih dari 70 persen, alhamdulillah,” ungkapnya.

Dengan telah dioperasikannya bandara ini, Jokowi berharap mobilitas orang dan barang di wilayah Jawa Tengah bagian selatan akan menjadi lebih baik, sehingga akhirnya akan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut.

“Kita harapkan mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik akan menjadi lebih baik, sehingga akhirnya akan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi pada wilayah di Jawa Tengah bagian selatan ini,” ujarnya.

Bandara JB Soedirman ini memiliki landasan pacu atau runway sepanjang 1.600 meter dengan lebar 30 meter. Presiden menilai pengoperasian yang telah dimulai meskipun pembangunan masih terus berjalan juga membuat bandara ini menjadi lebih produktif.

“Ini bagus, saya senang, meskipun terminalnya masih terminal darurat, belum selesai, tetapi airport-nya sudah dipakai. Saya kira ini akan lebih produktif seperti itu daripada kita menunggu terminal harus selesai, kemudian baru dilakukan penerbangan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Prediksi Susunan Pemain PSIS VS Arema FC

Jumat, 24 September 2021 | 21:16 WIB

Tukul Arwana Dikabarkan Pendarahan Otak

Kamis, 23 September 2021 | 13:11 WIB

AYO BELAJAR, Ini Bocoran Soal TIU SKD CPNS 2021

Rabu, 22 September 2021 | 19:14 WIB

Oktober Ini, Huawei Mate 50 Rilis?

Selasa, 21 September 2021 | 21:16 WIB

57 Pegawai KPK Tak Lulus TWK Diberhentikan Tanpa Pesangon

Selasa, 21 September 2021 | 17:36 WIB
X