Survei LKPI: Airlangga Hartarto Jadi Kandidat Terkuat Presiden Indonesia

- Kamis, 3 Februari 2022 | 22:41 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Dok)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Dok)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto jadi kandidat kuat presiden Republika Indonesia dalam survei yang digagas Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI).

Dalam survei LKPI bertema "Ke Mana Arah Preferensi Masyarakat pada Pemilu 2024", preferensi publik jika Pilpres digelar hari ini, nama Airlangga Hartarto menjadi kandidat terkuat presiden Indonesia.

Sebanyak 15,3% responden memilih Airlangga Hartarto melalui pertanyaan terbuka.

Kandidat terkuat kedua 14,7 % responden adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan di urutan ketiga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dipilih sebanyak 14,3 persen.

Keterangan tersebut disampaikan Direktur Eksekutive LKPI Kristin Ervina, Kamis 3 Februari 2022, dalam surveinya.

Kristin Ervina mengemukakan, selanjutnya di urutan keempat Kepala KSP Muldoko 8,9 persen, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 4,9 persen.

Kemudian, nama-nama gubernur yang masih menjabat juga masuk dalam daftar, yaitu Khofifah Indar Parawansa 3,9 persen Anies Baswedan 3,7 persen , dan Ridwan Kamil 3,5 persen .  

Selanjutnya, Ketua DPR RI Puan Maharani 3,3 persen dan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus pasangan Prabowo dalam Pilpres 2019, berada di posisi enam dengan persentase sebesar 2,7 %.

Kemudian, disusul Agus Harimurti Yudhoyono dengan suara responden sebesar 2,2 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir 1,5 persen .dan yang tidak memberikan pilihan sebanyak 21,1 persen.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI Fast Jawab Kebutuhan Transaksi Murah

Kamis, 10 Maret 2022 | 11:37 WIB

Survei INES Menuju Pilpres 2024, Golkar Salip PDIP

Jumat, 11 Februari 2022 | 22:33 WIB
X