BI Tegal Buka 60 Titik Layanan Penukaran Uang Jelang Idulfitri 2022, Siapkan Rp 4,12 Triliun

- Rabu, 6 April 2022 | 20:39 WIB
Deputi Direktur Kepala Perwakilan BI Tegal, M. Taufik Amrozy dalam jumpa pers di RM Tempoe Doloe Margadana, Kota Tegal, Rabu 6 April 2022.  (Dwi Ariadi/AyoTegal)
Deputi Direktur Kepala Perwakilan BI Tegal, M. Taufik Amrozy dalam jumpa pers di RM Tempoe Doloe Margadana, Kota Tegal, Rabu 6 April 2022. (Dwi Ariadi/AyoTegal)

TEGAL, AYOBATANG.COM - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Tegal mempersiapkan Rp 4,12 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri Tahun 2022.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 24% dibandingkan kebutuhan uang rupiah tahun 2021 lalu yang mencapai Rp 3,31 triliun.

Kebutuhan uang tersebut terdiri dari Uang Pecahan Besar (UPB) sebesar Rp 3,72 triliun, meningkat sebesar 26% dari kebutuhan UPB tahun 2021 sebesar Rp 2,95 triliun.

Baca Juga: Permudah Layanan Warga hingga Kecamatan, Pemkab Batang dan PA Jalin Kerja Sama

Untuk kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) mencapai Rp 398 miliar, meningkat 11% dari kebutuhan UPK tahun lalu sebesar Rp 359 miliar.

Hal tersebut disampaikan Deputi Direktur Kepala Perwakilan BI Tegal, M. Taufik Amrozy dalam jumpa pers di RM Tempoe Doloe Margadana, Kota Tegal, Rabu 6 April 2022.

Menurut Taufik Amrozy, peningkatan kebutuhan uang masyarakat tersebut sejalan dengan optimisme pemulihan ekonomi sekaligus mendukung kebijakan pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat.

''Hari Raya Idulfitri merupakan momentum tahunan yang identik dengan tradisi mudik Lebaran untuk bersilaturahmi dan bertemu dengan keluarga sekaligus berbagi kebahagiaan dan rizki dengan membagikan uang Rupiah Hasil Cetak Sempurna (HCS) kepada kerabat dan handai taulan,''kata Taufik Amrozy.

Hal tersebut, lanjut dia, sejalan dengan kebijakan Clean Money Policy Bank Indonesia untuk menjaga uang yang beredar di masyarakat agar tetap dalam kondisi layak edar.

Baca Juga: Tarawih Ukhuwah Bupati Batang, Pamsimas Atasi Persoalan Air Bersih di Desa Brokoh 

Selain itu, BI Tegal bekerja sama dengan perbankan membuka 60 titik layanan penukaran uang Rupiah HCS untuk masyarakat di masing-masing kantor cabang bank di wilayah kerja BI Tegal.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X