Hari Raya Waisak 2022 di Pekalongan, Pemuka Umat Budha Singgung Soal Penggunaan Media Sosial

- Senin, 16 Mei 2022 | 17:13 WIB
Umat Budha Kota Pekalongan menjalankan ibadah Waisak di Vihara Bodhi Dharma (Muslihun/AyoBatang)
Umat Budha Kota Pekalongan menjalankan ibadah Waisak di Vihara Bodhi Dharma (Muslihun/AyoBatang)

PEKALONGAN, AYOBATANG.COM - Memperingati Hari Raya Waisak 2022, ratusan umat Budha Theravada Indonesia Kota Pekalongan memadati Vihara Bodhi Dharma untuk melaksanakan ibadah detik-detik Tri Suci Waisak 2566 TB, pukul 11.13 WIB, Senin 16 Mei 2022. 

Sebelum menjelang detik-detik Waisak, pada pukul 08.00 WIB para umat Budha Kota Pekalongan melaksanakan ibadah Pindapata dengan memberikan derma (sedekah) kepada Bhanthe Jayaratano berupa makanan atau kebutuhan dasar seperti perlengkapan mandi dan persediaan medis.

Bhanthe Jayaratano usai memberikan ceramahnya di detik - detik Waisak mengatakan, tema tahun 2022 ini yakni, Modernisasi Beragama Mewujudkan Kedamaian. 

Baca Juga: Tentukan Nomor Urut, 3 Calon Ramaikan Pilkades Kalipucang Kulon Batang

"Arti dari tema itu, kita saling mendukung saling menghargai, toleransi. Karena kita membutuhkan satu sama lain, sehingga terwujud kedamaian ketentraman bahkan kebahagiaan," kata Bhanthe Jayaratano. 

Ia pun menyebutkan, semua manusia saling membutuhkan. Maka harus saling peduli, sehingga pasti dengan kebaikan itu kekerasan akan terhindari. 

"Dengan kebaikan itu, Hal - hal negatif bisa dijauhkan. Sehingga terwujudnya kedamaian dan kebahagiaan," ungkap Bhanthe Jayaratano. 

Ia juga menyinggung kehidupan saat ini yang bersinggungan dengan media sosial. Menurutnya, media sosial bisa menjadi racun atau madu.

"Silakan digunakan untuk manfaat. Kalau digunakan baik bisa bermanfaat dan bijaksana, kalau tidak bisa jadi racun," ucapnya.

Pemuka agama Budha itu juga menyinggung soal kekerasan atau bullying melalui ucapan. Menurutnya bullying bisa menyakiti orang lain hingga menyebarkan ujaran kebencian serta hoaks.

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X