Banjir Rob di Kendal Parah, Petugas BPBD Harus Evakuasi Puluhan Warga Lansia dan Orang Sakit

- Senin, 23 Mei 2022 | 19:25 WIB
Warga yang sakit dan Lansia dievakuasi dengan perahu karet ke tempat yang lebih tinggi. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Warga yang sakit dan Lansia dievakuasi dengan perahu karet ke tempat yang lebih tinggi. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOBATANG.COM - Petugas BPBD Kendal mengevakuasi warga lansia dan orang sakit dengan perahu karet di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu yang rumahnya terendam banjir rob parah.

Lansia dan warga yang sakit menjadi prioritas tim SAR dibawa ke tempat yang lebih tinggi seperti masjid dan musola serta rumah kerabat yang tidak terendam banjir rob.

Evakuasi warga dan lansia ini berjalan dramatis. Pasalnya, banyak yang terjebak didalam rumah sementara air pasang semakin tinggi hingga sepinggang orang dewasa.

Baca Juga: GP Ansor Batang Siap Menjaga Kondusivitas di Masa Transisi Kepala Daerah

Petugas BPBD dan warga harus menggotong lansia dan mereka yang sakit, untuk dibawa menggunakan perahu karet ke tempat yang aman.

Dua perahu karet dari BPBD Kendal disiagakan di Desa Mororejo Kaliwungu yang terendam banjir air pasang Senin 23 Mei 2022 siang.

Petugas berjibaku menembus banjir ke rumah warga yang terendam hingga satu meter dan membawanya ke tempat yang aman.

Menurut warga, banjir rob ini yang terparah dan belum pernah hingga ketinggian mencapai satu meter. Rozak warga Dusun Ngebum Desa Mororejo Kaliwungu mengatakan, warga sebagian diungsikan karena ketinggian air cukup parah.

“Air sudah naik sejak pukul 14.00 dan semakin parah hingga sore. Warga sebagian diungsikan ke masjid yang tempatnya tinggi. Sebagian bertahan di rumah untuk menjaga barang berharga,” katanya.

Baca Juga: Yel-yel Kembali Pimpin Batang 2024 Iringi Pelepasan Wihaji Bersama Suyono

Halaman:

Editor: Dwi ariadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X