Ini Perbedaan TV Digital dan Smart TV, Jangan Sampai Salah Kaprah!

- Selasa, 15 November 2022 | 16:25 WIB

 

AYOTEGAL.COM - Televisi masih menjadi sumber hiburan bagi beberapa orang. Walaupun layanan streaming dan situs video seperti YouTube semakin populer, televisi tetap menjadi memiliki penonton. Salah satu jenis televisi yang sedang populer adalah TV Digital.

TV Digital saat ini sedang banyak diminati, karena siaran analog yang mulai dihentikan. TV Digital merupakan televisi yang mengandalkan sinyal digital untuk menayangkan gambar atau program.

Karena menggunakan sinyal digital, gambar yang ditayangkan akan jauh lebih jernih dibandingkan dengan TV analog.  Di Blibli, Anda dapat menemukan banyak TV Digital berkualitas dengan harga yang terjangkau. Transaksi yang mudah serta aman membuat Anda tidak perlu ragu lagi membeli TV Digital di Blibli.

Jika Anda sedang mencari TV Digital, berikut ini perbedaan mendasar antara TV Digital dan Smart TV:

Perbedaan TV Digital VS Smart TV

1.    Sinyal

TV Digital menangkap sinyal digital yang dapat menampilkan gambar lebih jernih dan tajam. Mudahnya, TV Digital memiliki cara kerja yang mirip dengan TV analog. Bedanya, TV analog mengandalkan sinyal yang berasal dari antena eksternal. Sedangkan TV Digital memiliki antena sendiri dan hanya mengandalkan sinyal digital.

Berbeda dengan Smart TV yang mengandalkan koneksi internet ataupun sinyal analog. Untuk menikmati Smart TV, Anda perlu menyambungkan TV dengan koneksi internet. Barulah layanan seperti YouTube atau Netflix dapat Anda akses.

2.    Layanan Streaming

Untuk mengakses layanan pemutar video seperti YouTube atau layanan streaming berbayar seperti Netflix tidak bisa dilakukan melalui TV Digital. Layanan yang diberikan oleh TV Digital pun terbatas, hanya program TV yang disiarkan secara digital. Sedangkan untuk mengakses layanan streaming dapat dilakukan oleh Smart TV dengan cara koneksi internet.

3.    Jenis Tayangan

Ini adalah perbedaan dasar antara TV Digital dan Smart TV. Secara garis besar, TV Digital hanya dapat menayangkan siaran televisi dengan kualitas gambar yang lebih baik. Sedangkan Smart TV memiliki cakupan yang lebih luas, mulai dari layanan streaming berbayar hingga aplikasi pemutar musik dapat berjalan di Smart TV. Namun kekurangannya, Smart TV masih mengandalkan sinyal analog untuk menampilkan siaran televisi.

4.     Status Siaran

TV Digital memiliki ciri khas saat sinyal yang ditangkap kurang baik. Jika sinyal yang ditangkap baik, maka akan ada status “Terima”. Berarti, perangkat dalam TV Digital dapat menerima sinyal dengan baik. Sebaliknya, jika sinyal yang diterima oleh perangkat tidak baik, akan muncul status “Tidak”. Berbeda dengan TV analog yang tetap menyiarkan gambar saat sinyal buruk dan membuat gambar memiliki “semut”.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Terkini

Sowan ke Habib Luthfi, Kapolda Jateng Minta Doa Restu

Kamis, 27 Oktober 2022 | 17:40 WIB
X